Lingkungan Belajar
- 4.5/5.0
- 12k Enrolled
- All levels
- Start 08 February 2024
Course description
Tahun Akademik:
Genap 2020/2021
Kelas-Offr:
B-TEP
Deskripsi:
Matakuliah Manajemen Lingkungan Belajar merupakan matakuliah yang mengkonstruksi bagaimana mengelola berbagai sumber belajar dengan konteks konten pedagogy melalui pengembangan diri sehingga mahasiswa memiliki bekal menjadi praktisi yang mampu menunjukkan pengelolaan pembelajaran melalui pemanfaatan proses-proses dari berbagai sumber-sumber belajar kekinian dan mutakhir (unsur SCPL 2). Pengelolaan berbagai sumber belajar dilakukan melalui proses pengelolaan dengan mempertimbangkan keragaman pebelajar dan kode etik Teknologi Pendidikan yang dilakukan secara faktual, konseptual dan prosedural dalam keilmuan pengelolaan sumber belajar.
Capaian Pembelajaran
Menguasai konsep, lingkup, dan prinsip-prinsip dasar Lingkungan Belajar sehingga memiliki pemahaman yang sesuai tentang fungsi-fungsi teknologi online dalam pembelajaran.
Mampu secara kreatif, analitis dan antisipatif dalam menganalisis, merancang, membuat, mengimplementasikan dan mengevaluasi proyek Lingkungan Belajar untuk memfasilitasi pembejaran dan meningkatkan performansi pebelajar, sesuai konsep, prinsip, dan prosedur pengembangan.
Mampu berpikir kritis terhadap keunggulan dan kelemahan Lingkungan Belajar dalam rangka menyikapi resiko pengembangan mendukung pengambilan keputusan pengembangan berbasis online dimasa yang akan datang.
Mampu secara kreatif membuat pemaparan secara ilmiah berdasarkan analisis kritis dan evaluasi terhadap kebutuhan dan implementasi Lingkungan Belajar.
Spector, J.M., Merrill, M.D., Elen, J. and Bishop, M.J. eds., 2014. Handbook of research on educational communications and technology (pp. 413-424). New York, NY: Springer.
Savin-Baden, M., 2007. A practical guide to problem-based learning online. Routledge..
Wiley, D.A., 2002. The instructional use of learning objects (Vol. 1). Bloomington, IN: Agency for instructional technology..
Carliner, S. and Shank, P., 2008. The E-learning Handbook: a comprehensive guide to online learning. Pfeiffer, April, 25.
What you’ll learn
- Pertemuan 1:1. Definisi. 2. Generator AC.
- Pertemuan 2: Konsep Lingkungan Belajar
- Pertemuan 3: Konteks Lingkungan Belajar
- Pertemuan 4:Analisis kebutuhan pengembangan lingkungan belajar yang terdiri dari: 1) Analisis karakteristik pebelajar dan pengguna pengembangan lingkungan belajar, 2) Analisis lembaga dan lingkungan pelaksanaan pengembangan lingkungan belajar, 3) Anali
- Pertemuan 5:Analisis kebutuhan pengembangan lingkungan belajar yang terdiri dari: 1) Analisis karakteristik pebelajar dan pengguna pengembangan lingkungan belajar, 2) Analisis lembaga dan lingkungan pelaksanaan pengembangan lingkungan belajar, 3) Anali
- Pertemuan 6:Jenis-jenis Motor DC: Permanent-Magnet, Wound-Field. - Losses pada Motor DC: Electrical Losses,i2R Copper Losses, Eddy -Current Losses, Hysteresis Losse. Electrical Losses, Mechanical Losses, Frictional Losses, Windage Losses.
- Pertemuan 7:Analisis kebutuhan pengembangan lingkungan belajar yang terdiri dari: 1) Analisis karakteristik pebelajar dan pengguna pengembangan lingkungan belajar, 2) Analisis lembaga dan lingkungan pelaksanaan pengembangan lingkungan belajar, 3) Anali
- Pertemuan 8:Ujian Tengah Semester
- Pertemuan 9:Pengembangan lingkungan belajar berlandaskan hasil analisis kebutuhan. Pengembangan meliputi: 1) Konten/bahan/materi berdasarkan kebutuhan secara kelembagaan, 2) Media dalam pengembangan lingkungan belajar berdasarkan karakteristik pebelaja
- Pertemuan 10:Pengembangan lingkungan belajar berlandaskan hasil analisis kebutuhan. Pengembangan meliputi: 1) Konten/bahan/materi berdasarkan kebutuhan secara kelembagaan, 2) Media dalam pengembangan lingkungan belajar berdasarkan karakteristik pebelaja
- Pertemuan 11:Pengembangan lingkungan belajar berlandaskan hasil analisis kebutuhan. Pengembangan meliputi: 1) Konten/bahan/materi berdasarkan kebutuhan secara kelembagaan, 2) Media dalam pengembangan lingkungan belajar berdasarkan karakteristik pebelaja
- Pertemuan 12:Evaluasi pengembangan berbasis online membutuhkan 1) Evaluasi formatif, 2) Evaluasi Sumatif, 3) Evaluasi khusus (sesui dengan karakteristik lembaga evaluator)
- Pertemuan 13:Evaluasi pengembangan berbasis online membutuhkan 1) Evaluasi formatif, 2) Evaluasi Sumatif, 3) Evaluasi khusus (sesui dengan karakteristik lembaga evaluator)
- Pertemuan 14:Evaluasi pengembangan berbasis online membutuhkan 1) Evaluasi formatif, 2) Evaluasi Sumatif, 3) Evaluasi khusus (sesui dengan karakteristik lembaga evaluator)
- Pertemuan 15:Evaluasi pengembangan berbasis online membutuhkan 1) Evaluasi formatif, 2) Evaluasi Sumatif, 3) Evaluasi khusus (sesui dengan karakteristik lembaga evaluator)
- Pertemuan 16:Ujian Akhir Semester
As it so contrasted oh estimating instrument. Size like body some one had. Are conduct viewing boy minutes warrant the expense? Tolerably behavior may admit daughters offending her ask own. Praise effect wishes change way and any wanted. Lively use looked latter regard had. Do he it part more last in.
- Lectures 30
- Duration 4h 50m
- Skills Beginner
- Deadline 06 August 2024
- Certificate Yes
- 4.5/5.0