Biologi Konservasi
- 4.5/5.0
- 12k Enrolled
- All levels
- Start 21 October 2024
Course description
SELAMAT DATANG DI MATA KULIAH BIOLOGI KONSERVASI
Mata kuliah Biologi Konservasi merupakan mata kuliah wajib 2 SKS teori yang diambil pada semester 6 di Universitas Ahmad Dahlan. Mata kuliah ini mempelajari konsep tingkat keanekaragaman hayati, strategi konservasi, keterlibatan multi-stakeholder, dan teknologi pendukung dalam kegiatan monitoring kawasan konservasi dan promosi ekowisata. Mata kuliah ini akan disampaikan pada semester genap dalam 16 pertemuan termasuk ujian tengah semester (UTS) dan ujian akhir semester (UAS). Persyaratan untuk mengikuti perkuliahan ini adalah mahasiswa sudah menyelesaikan mata kuliah dasar ekologi. Mata kuliah ini dilakukan dengan metode flipped class room menggunakan LMS Spada Indonesia dan E-learning UAD mengkombinasikan tatap muka sinkron langsung di kelas dan asinkron secara daring.
CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH
Setelah menempuh mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu:
- mendeskripsikan konsep keanekaragaman hayati, ancaman terhadap ekosistem dan status tumbuhan dan satwa liar di dalamnya
- membedakan strategi konservasi in-situ dan eks-situ
- menjelaskan keterlibatan multistakeholders dalam kegiatan konservasi
- menerangkan peran teknologi dalam upaya monitoring dan promosi ekowisata
MATERI YANG DIBERIKAN MELIPUTI
Pertemuan ke | Materi per Minggu | Capaian Pembelajaran Mingguan (Kompetensi) |
Topik Pembelajaran A: Keanekaragaman hayati, ancaman terhadap ekosistem dan status tumbuhan dan satwa liar di dalamnya | ||
1 | Pengantar biologi konservasi dan keanekaragaman hayati Indonesia | Mampu menjelaskan tingkat keanekaragaman hayati dan contoh keanekaragaman hayati di Indonesia |
2 | Ancaman terhadap ekosistem dan populasi | Mampu menerangkan penyebab kerusakan dan akibatnya pada ekosistem dan populasi kecil |
3 | Status konservasi flora fauna | Mampu menyimpulkan status konservasi dari setiap spesies berdasarkan IUCN, CITES dan Permen LHK no.108 tahun 2018 |
Topik Pembelajaran B: Strategi konservasi in-situ dan eks-situ | ||
4 | Strategi In-situ | Mampu mempresentasikan definisi strategi insitu dan contoh penerapannya |
5 | Kawasan konservasi | Mampu menjelaskan perbedaan kawasan suaka alam dan kawasan pelestarian alam |
6 | Strategi Rencana Aksi Konservasi (SRAK) | Mampu menerangkan definisi, contoh SRAK dan proses pembentukan SRAK |
7 | Strategi Ek-situ | Mampu membandingkan antara strategi ek-situ dengan in-situ |
8 | Ujian Tengah Semester | |
Topik Pembelajaran C: Keterlibatan multistakeholders dalam kegiatan konservasi | ||
9 | Multi stakeholders dan perannya | Mampu menguraikan peran masing-masing stakeholder dalam kegiatan konservasi |
10 | Keterlibatan para pihak di Kawasan Konservasi | Mampu menggambarkan peran masing-masing stakeholder dalam kasus pembuatan SRAK dan kegiatan konservasi penyu di pantai selatan Yogyakarta |
11 | Pemberdayaan masyarakat | Mampu menggambarkan peran masyarakat dalam kegiatan konservasi |
Topik Pembelajaran D: Peran teknologi dalam upaya monitoring dan promosi ekowisata | ||
12 | Komponen Ekologi bentang alam | Mampu menjabarkan komponen bentang alam dan aplikasinya di kawasan konservasi |
13 | Desain kawasan konservasi | Mampu menganalisis bentuk patch kawasan konservasi dan ancamannya |
14 | Teknologi monitoring kawasan konservasi | Mampu menerangkan berbagai teknologi pendukung seperti drone, penginderaan jauh, camera trap dalam memonitoring kawasan konservasi |
15 | Promosi ekowisata | Mampu menjelaskan berbagai bentuk promosi wisata alam yang berkelanjutan |
16 | Ujian Akhir Semester | |
*studi kasus akan diinputkan dalam setiap pertemuan |
METODE PERKULIAHAN
Selama mengikuti perkuliahan ini, dosen akan menggunakan metode flipped classroom dimana perkuliahan akan berlangsung secara student-centered learning. Dosen akan memberikan materi seminggu sebelumnya dan mahasiswa akan diarahkan untuk mengerjakan beberapa soal pengayaan sebagai bahan persiapan diskusi pada minggu depan. Mahasiswa diwajibkan aktif selama mengikuti jalannya diskusi dan akan mendapatkan nilai keaktifan bagi mahasiswa yang berpartisipasi selama perkuliahan.
SISTEM PENILAIAN
Bobot penilaian ditentukan oleh beberapa komponen penilaian. Sesuai peraturan akademik Universitas Ahmad Dahlan, apabila mahasiswa tidak masuk kuliah selama kurang dari 11 kali (baik dalam tatap muka sinkron maupun asinkron), maka tidak berhak mengikuti Ujian Akhir Semester (UAS).
Aspek Penilaian | Persentase |
Ujian Akhir Semester | 35% |
Ujian Tengah Semester | 35% |
Tugas | 8% |
Kuis | 8% |
Keaktifan dan sikap | 14% |
Total | 100% |
KRITERIA EVALUASI
Evaluasi berdasar pada penilaian acuan patokan (PAP).
KONVERSI NILAI | Predikat Nilai Huruf | |
Penilaian Acuan Patokan (PAP) | ||
Skala 100 | Skala 4 | |
80,00 - 100,00 | 3,68 - 4,00 | A |
76,25 - 79,99 | 3,34 - 3,67 | A- |
68,75 - 76,24 | 3,01 - 3,33 | B+ |
65,00 - 68,74 | 2,68 - 3,00 | B |
62,50 - 64,99 | 2,34 - 2,67 | B- |
57,50 - 62,49 | 2,01 - 2,33 | C+ |
55,00 - 57,49 | 1,68 - 2,00 | C |
51,25 - 54,99 | 1,34 - 1,67 | C- |
43,75 - 51,24 | 1,01 - 1,33 | D+ |
40,00 - 43,74 | 0,00 - 1,00 | D |
00,00 - 39,99 | 0 | E |
JENIS TATAP MUKA
Kegiatan perkuliahan Biologi Konservasi dilakukan secara blended learning. Jenis tatap muka pada kegiatan perkuliahan adalah :
- Tatap muka sinkron daring (face to face ), yaitu tatap muka kelas, dosen dan mahasiswa bertemu dalam aplikasi zoom sesuai jadwal kuliah. Presensi kuliah sesuai dengan kehadiran di kelas. UTS dan UAS dilakukan secara sinkron, face to face
- Tatap muka asinkron, yaitu tatap muka yang dilakukan secara daring dengan menggunakan LMS E-learning UAD. Dosen dan mahasiswa tidak bertemu dalam ruang kelas. Mahasiswa belajar secara mandiri berdasarkan video dan Latihan soal yang telah disiapkan, dan dapat dilakukan di mana saja. Presensi kehadiran dilakukan berdasar aktivitas mahasiswa di E-learning UAD (membaca handout, melihat media presentasi atau video, mengerjakan quiz, atau partisipasi diskusi).
PETUNJUK MEMPELAJARI MEDIA PEMBELAJARAN
Media pembelajaran yang disediakan pada setiap perkuliahan meliputi:
- handout
- video pembelajaran
- Latihan soal
- Kuis (diakhir topik pembelajaran)
Pertama-tama, Anda harus download media pembelajaran no 1, 2 dan 3 pada H-7 sebelum perkuliahan hari-H. Anda sebaiknya membaca handout, menonton video pembelajaran dan mengerjakan Latihan soal dengan tuntas dan benar. Pada Hari-H, perkuliahan akan membahas latihan soal dan diskusi dengan berpusat pada mahasiswa (Student centered learning).
Kegiatan tatap muka juga kadang dilengkapi dengan aktivitas tugas dan kuis khususnya diakhir topik pembelajaran). Tugas dapat merupakan tugas individu atau tugas kelompok, sedangkan kuis adalah tugas individu.
BAHAN AJAR
Handout yang digunakan dalam kuliah Biologi Konservasi akan diunggah seminggu sebelumnya dan menjadi bahan persiapan kuliah di hari H. Silahkan mencetak bahan ajar jika diperlukan.
KOMUNIKASI DOSEN - MAHASISWA DAN ANTAR MAHASISWA
Forum disediakan di bagian terbawah dari setiap tatap muka. Anda dapat menggunakan forum untuk:
Menjawab pertanyaan atau diskusi
Menanyakan materi kuliah yang belum dipahami. Pertanyaan ditujukan kepada semua mahasiswa.
Menjawab pertanyaan mahasiswa lain tentang materi kuliah.
Keaktifan Anda dalam berdiskusi di dalam forum adalah merupakan salah satu komponen penilaian.
REFERENSI
Bahan bacaan berikut digunakan oleh dosen pengampu dalam membuat media pembelajaran. Silahkan untuk menggunakan referensi tambahan sebagai berikut :
1. Indrawan, M., Primack, R.B., Supriatna, J., 2007. Biologi Konservasi (Edisi Revisi). Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
2. Murdiyarso, D. 2003. Protokol Kyoto Implikasinya bagi Negara Berkembang. Penerbit Buku Kompas: Jakarta
3. Khakhim, N., Jatmiko, R.H., Nurjani, E., Daryono, B.S. 2014. Perubahan Iklim dan Pemanfaatan SIG di Kawasan Pesisir. Gadjah Mada University Press: Yogyakarta
4. Jurnal-jurnal dalam bidang biologi konservasi
Anjuran
5. Fandeli C., 2014. Bisnis Konservasi, Pendekatan Baru dalam Pengelolaan Sunberdaya Alam dan Lingkungan Hidup. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
6. Fandeli C., Muhammad., 2008. Prinsip-prinsip Dasar Mengkonservasi Lanskap. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Fawzi, N.I., 2016. Penginderaan Jauh Untuk Lingkungan dan Konservasi. Yogyakarta: Penerbit Ombak.What you’ll learn
- SELAMAT DATANG DI MATA KULIAH BIOLOGI KONSERVASI
- [10 Maret 2021] Pertemuan ke-1
- [17 Maret 2021] Pertemuan ke-2
- [24 Maret 2021] Pertemuan ke-3:
- [31 Maret 2021] Pertemuan ke-4
- [7 April 2021] Pertemuan ke-5
- [14 April 2021] Pertemuan ke-6
- [21 April 2021] Pertemuan ke-7
- [26 April - 8 Mei 2021]
- [10 Mei - 22 Mei 2021]
- [26 Mei 2021] Pertemuan ke-8
- [2 Juni 2021] Pertemuan ke-9
- [9 Juni 2021] Pertemuan ke-10
- [16 Juni 2021] Pertemuan ke-11
- [23 Juni 2021] Pertemuan ke-12
- [30 Juni 2021] Pertemuan ke-13
- [7 Juli 2021] Pertemuan ke-14
- [12 Juli - 17 Juli 2021]
- [19 Juli - 31 Juli 2021]
As it so contrasted oh estimating instrument. Size like body some one had. Are conduct viewing boy minutes warrant the expense? Tolerably behavior may admit daughters offending her ask own. Praise effect wishes change way and any wanted. Lively use looked latter regard had. Do he it part more last in.
- Lectures 30
- Duration 4h 50m
- Skills Beginner
- Deadline 19 April 2025
- Certificate Yes
- 4.5/5.0