Analisis Kesalahan Berbahasa

  • 4.5/5.0
  • 12k Enrolled
  • All levels
  • Start 05 August 2024

Course description

Mata kuliah ini bertujuan untuk membekali mahasiswa pemahaman mendalam mengenai kesalahan berbahasa dalam berbagai aspek linguistik. Sub-CPMK 1.1 membahas teori dan konsep dasar fonologi, termasuk fonem, alofon, kluster konsonan, dan vokal, serta faktor-faktor yang mempengaruhi kesalahan fonologi seperti interferensi bahasa ibu. Sub-CPMK 1.2 berfokus pada identifikasi kesalahan pengucapan fonem dalam kata-kata bahasa Indonesia, termasuk kesalahan penghilangan dan penambahan fonem serta penggunaan kluster yang tidak tepat. Sub-CPMK 1.3 menekankan pada pemberian contoh nyata dari data empiris yang menunjukkan kesalahan fonologi serta perancangan strategi untuk memperbaikinya. Sub-CPMK 2.1 menguraikan konsep kesalahan morfologis dan faktor penyebabnya seperti bentuk asal, fonem, morfem, dan kata majemuk. Sub-CPMK 2.2 berfokus pada identifikasi kesalahan dalam penggunaan afiks, perubahan bentuk kata, dan kata majemuk. Sub-CPMK 2.3 mengajarkan klasifikasi kesalahan morfologi berdasar-kan jenis dan penyebabnya, serta menyajikan contoh nyata dari data empiris dan merangkum hasil identifikasi serta analisis kesalahan morfo-logi. Sub-CPMK 3.1 membahas identifikasi dan penelaahan jenis-jenis kesalahan sintaksis dalam kalimat bahasa Indonesia serta perbaikan struktur kalimat yang salah. Sub-CPMK 3.2 berfokus pada penguraian komponen-komponen kalimat yang mengandung kesalahan sintaksis dan penjelasan proses terjadinya kesalahan tersebut. Sub-CPMK 3.3 menekankan interpretasi penyebab kesalahan sintaksis dan perbaikan yang diperlukan. Sub-CPMK 4.1 mengidentifikasi kesalahan semantik dalam berbagai konteks komunikasi. Sub-CPMK 4.2 memberikan saran atau perbaikan untuk menghindari kesalahan karena pilihan kata yang tidak tepat. Sub-CPMK 5.1 berfokus pada identifikasi kesalahan berbahasa dalam wacana, terutama terkait dengan struktur dan syarat paragraf. Sub-CPMK 5.2 mengajarkan teknik koreksi untuk kesalahan dalam penggunaan bahasa dalam paragraf. Sub-CPMK 5.3 menekankan keterampilan menyeleksi, mengoreksi, dan memperjelas kesalahan karena pemilihan topik yang tidak tepat. Melalui mata kuliah ini, mahasiswa akan memperoleh keterampilan analitis yang diperlukan untuk mengidentifikasi, mengklasifikasikan, dan memperbaiki kesalahan berbahasa dalam bahasa Indonesia.

What you’ll learn
  • Pengantar Pembelajaran
  • Pertemuan 1: Pengantar, Perbandingan Kesalahan dan Kekeliruan Berbahasa, Ruang Lingkup, dan Penyebab Kesalahan Berbahasa
  • Pertemuan 2: Langkah Kerja, Klasifikasi Kesalahan Berbahasa, dan Kesalahan Berbahasa Tataran Fonologi
  • Pertemuan 3: Kesalahan dalam Perubahan Fonem Vokal dan Konsonan
  • Pertemuan 4: Kesalahan dalam Penghilangan dan Penambahan Fonem
  • Pertemuan 5: Sumber, Konsep, Penyebab, dan Identifikasi Kesalahan Morfologis
  • Pertemuan 6: Sumber Kesalahan Morfologis (Penyingkatan, Perubahan, Penulisan, dan Pengulangan Morfem yang Salah
  • Pertemuan 7: Sumber Kesalahan Morfologis: Penyingkatan, Perubahan, Penulisan dan Pengulangan Morfem yang Salah
  • Pertemuan 8: Ujian Tengah Semester
  • Pertemuan 9: Sumber Kesalahan Sintaksis (Kesalahan karena Pengaruh Bahasa Daerah, Preposisi Tidak Tepat, dan Unsur Berlebihan
  • Pertemuan 10: Sumber Kesalahan Sintaksis: Bentuk Superlatif, Penjamakan Ganda, Resiprokal, dan Kalimat Tidak Bersubjek
  • Pertemuan 11: Sumber Kesalahan Sintaksis (Kalimat Tidak Berpredikat, Tidak Logis, dan Ambiguitas
  • Pertemuan 12: Sumber Kesalahan Semantik: Kesalahan karena Pasangan Seasal dan Teracuhkan
  • Pertemuan 13: Kesalahan dalam Pemilihan Kata
  • Pertemuan 14: Sumber kesalahan Wacana: Kesalahan dalam Penulisan Paragraf
  • Pertemuan 15: Sumber Kesalahan Wacana (Kesalahan dalam Perujukan dan Penggunaan Kalimat Tidak Selesai
  • Pertemuan 16: Ujian Akhir Semester

As it so contrasted oh estimating instrument. Size like body some one had. Are conduct viewing boy minutes warrant the expense? Tolerably behavior may admit daughters offending her ask own. Praise effect wishes change way and any wanted. Lively use looked latter regard had. Do he it part more last in.

  • Lectures 30
  • Duration 4h 50m
  • Skills Beginner
  • Deadline 01 February 2025
  • Certificate Yes

  • 4.5/5.0